5 Tips Menjadi Guru TK Profesional

Pengantar tentang Guru TK

5 tips menjadi guru tk profesional
5 Tips Menjadi Guru TK Profesional

Menjadi guru TK itu bukanlah sesuatu yang mudah. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa TK itu merupakan bagian dari pendidikan formal yang menjalankan kegiatan belajar mengajar untuk anak usia 4-6 tahun. Oleh sebab itu, dalam hal mengajar disini, diperlukan tehnik khusus yang tidak dimiliki oleh pendidik pada jenjang lebih tinggi lainnya. Apa saja tipsnya? Berikut Penjelasannya.

5 Tips Menjadi Guru TK Profesional

  1. Memiliki Jiwa ke-Ibuan
    Mimin sendiri meyakini, bermodalkan jiwa keibuan, akan mendapatkan perhatian baik dari para peserta didik untuk jenjang TK. Mengapa demikian? Sebab, pada usia yang masih belia itu, para peserta didik sangatlah manja terhadap ibu kandungnya. Oleh sebab itu, selama mereka bersekolah, diperlukan guru atau pendidik yang memiliki jiwa keibuan untuk menggantikan peran ibunya selama di sekolah. Besok harinya, mereka akan senang ke sekolah bilamana menemukan sosok pengganti ibu yang baik di sekolahnya. Begitu juga pada hari-hari berikutnya.
  2. Memiliki kesabaran dalam mendidik.
    Kesabaran itu diperlukan bagi seorang pendidik, terutama pendidik dalam jenjang TK. Bagaimana tidak, bila guru itu tidak sabar, bahkan pemarah, peserta didik akan merasa takut. Dikhawatirkan, besok tidak akan bersemangat lagi untuk ke sekolah.
  3. Pandai menyanyi dan menari.
    Banyak sekali lembaga pendidikan TK yang mengedepankan kegiatan menyanyi dan menari. Bahkan, hampir setiap hari lembaga TK itu memainkan nyanyian kepada para peserta didiknya. Bagaimana mau jadi guru TK, bila guru itu sendiri tidak bisa atau tidak percaya diri dalam menyanyi bersama dengan siswanya?
  4. Mengajar dengan lemah lembut
    Lemah lembut adalah sosok yang diharapkan peserta didik dalam sekolah. Siapa yang tidak senang dengan kehadiran sosok guru yang lemah lembut? Dirasa, seluruh siswa menginginkannya. Namun, lemah disini bukanlah berarti mengikuti segala yang diinginkan siswa. Maksud lemah disini tidak lain dan tidak bukan adalah menghindari sikap yang otoriter dan pemarah di dalam kelas. Lemah lembutlah terhadap siswa melalui tutur kata tentang apa yang diajarkan kepada siswa selama berada di sekolah. Itu akan membuat siswa merasa nyaman dan dapat meneriman pelajaran hari itu di dalam kelas.
  5. Ketaqwaan yang mempuni
    Satu hal ini tidak dapat dilupakan, adalah ketaqwaan. Dalam hal ini, dapat diartikan sebagai kegiatan ibadah yang dilakukan guru selama di sekolah. Guru itu akan terlihat baik bilamana melakukan nilai-nilai ibadah dalam kesehariannya. Dengan demikian, para peserta didik itu akan tertarik untuk melakukannya. Ibadah itu menggambarkan ketenangan, para peserta didik itu akan tentang bilamana melihat ibu gurunya melaksanakan ibadah keagamaannya. Oleh sebab itu, persiapkan diri untuk hal ini.

Kesimpulan

Menjadi guru TK itu bukanlah perkara yang mudah. Perlu ketenangan pribadi bagi seorang guru dalam melaksanakan tugasnya. Untuk itu, bagi para calon guru TK, persiapkan mental anda agar dapat menjadi guru TK Profesional. Penidikan TK itu merupakan kunci dari segala pendidikan. Baik buruknya bergantung pada bagaimana program TK itu terlaksana dengan baik. Guru, merupakan juru kunci atas tercapainya segala hal di atas.

Demikian 5 Tips Menjadi Guru TK Profesional. Semoga apa yang dituliskan di atas dapat bermanfaat bagi para teman guru sekalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk sertakan komentar pada kolom yang telah disediakan. Kami juga menyadari bahwa artikel ini belum sempurna, untuk itu kami mengharapkan kritikan dan saran yang membangun. Terimakasih.

4 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post