Penyambutan Kedatangan Siswa

Penyambutan kedatangan siswa tkit paud, SOP penyambutan kedatangan siswa tkit paud, waktu penyambutan siswa tkit paud, siapa yang menyambut siswa tkit paud,
Penyambutan Kedatangan Siswa

Penyambutan kedatangan siswa disini dimaksudkan adalah bentuk perhatian guru terhadap siswa, atau bentuk kecintaan guru terhadap siswa. Guru dianjurkan untuk menyambut siswa dengan menekankan pada program 3S, yaitu senyum, sapa, salam. Kedatangan siswa itu untuk TKIT biasanya pukul 08.00 wib. Untuk itu, sebelum pukul 08.00 wib guru sudah bersiap-siap menyambut kedatangan siswa.

SOP Penyambutan Kedatangan Siswa

Standar Operasional Prosedur atau yang biasa disebut dengan SOP kerap hadir dalam suatu pekerjaan baik dalam bidang pekerjaan umum, hingga bidan pendidikan. SOP bukan merupakan sesuatu yang baru lagi bagi para kalangan pekerja, namun merupakan suatu hal yang lumrah ada pada suatu lembaga yang mempekerjakan orang-orang dengan tujuan tertentu. Banyak macam SOP yang dibuatkan dengan memperhatikan tujuan dari pada masing-masing bagian pekerjaan, terlebih pada bidang pendidikan.

Adapun SOP Penyambutan Kedatangan Siswa dapat dilihat pada bagian di bawah ini:
  1. Guru hadir tepat waktu sebelum pukul 07.15 wib di sekolah.
  2. Hadir dengan menggunakan yang sopan dan rapi.
  3. Guru menunggu kedatangan siswa di depan kelas (bisa juda di depan pagar sekolah) dengan dengan semangat.
  4. Guru menyambut kedatangan siswa dengan menyalam siswa yang hadir.
  5. Guru menundukkan badan (sehingga setara dengan siswa) saat siswa menyalim guru.
  6. Guru memberikan motifasi pagi hari kepada siswa agar siswa bersemangat melakukan aktivitas belajar.
  7. Guru memperkenankan siswa untuk bermain dengan temannya.
Selain dari SOP di atas, adapula dibuatkan semacam larangan bagi guru saat melakukan aktifitas penyambutan kedatangan siswa, antaralain sebagai berikut:
  1. Guru dilarang untuk menggunakan HP berlebihan selama kegiatan penyambutan kedatangan siswa berlangsung.
  2. Guru diperkenankan untuk permisi ke suatu tempat bila atas izin kepala sekolah.
  3. Guru dilarang untuk menyambut siswa dalam keadaan bermasalah (dengan wajah cemberut).
Dari ke tiga point larangan di atas, maka dapatlah disimpulkan bahwa guru TK/PIAUD itu selayaknyalah senantiasa terlihat gembira di depan anak didiknya. Dengan demikian, minat siswa untuk belajar akan lebih membaik.
Terkadang, anak didik itu memang sudah tidak ada mood-nya sejak berangkat sekolah dari rumah. Oleh sebab itu, guru harusnya menyambut siswa dengan penuh senyum dan keikhlasan.alert-info

Siapa Yang Menyambut?

Kegiatan Penyambutan Kedatangan Siswa ini tentu dilakukan oleh guru. Apakah perlu untuk mengerahkan semua guru untuk kegiatan ini? Berbagai pertimbangan mungkin perlu menjadi perhatian. Bila seluruh guru diberikan kewajiban untuk hal ini, mungkin akan baik. Namun, bilamana tidak memungkinkan untuk mengerahkan semua guru, cukup untuk membuatkan semacam guru piket saja. Adapun jumlahnya disesuaikan dengan kondisi pada suatu Lembaga TK/PIAUD.
Yang disambut itu ya tentu siswanya, dan yang menyambut itu tentu gurunya.alert info

Bila memilih untuk membuatkan semacam guru piket, maka perlu peraturan khusus yang dijadikan sebagai acuan dalam hal ini. Maka, dengan demikian biasanya jadwal kedatangan guru TK/PIAUD yang memiliki tugas tambahan Piket pagi biasanya lebih cepat daripada guru lainnya yang tidak punya jadwal piket. Maka, lembaga TK/PIAUD dapat menyiapkan semaca peraturan atau bisa memasukkannya kedalam bagian SOP seperti apa yang dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Waktu Penyambutan Kedatangan Siswa

Adapun waktu penyambutan kedatangan siswa disini merupakan relatif. Lembaga TK/PIAUD bisa saja menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan di daerah tempat lembaga TK/PIAUD tersebut beroperasi. Namun pada prosesnya, kegiatan ini dapat dikatakan memakan waktu cukup lama. Dikatakan demikian karena dalam hal ini guru itu senantiasa menunggu kehadiran siswa sejak pagi hari hingga bel masuk tiba.
Sebagai bahan contoh, lakukan penyambutan siswa itu mulai dari jam 07.15 wib - 08.00 wib.alert-info

Siswa TK biasanya masuk ke kelas pada pukul 08.00. Oleh sebab itu, kegiatan Penyambutan Kedatangan Siswa ini dilakukan sejak guru tersebut datang ke sekolah, yaitu pukul 07.15 wib.

Post a Comment

Previous Post Next Post