Ruang Kelas di TKIT

Ruang kelas di tkit, ruang kelas di paud, ruang kelas di tk islam terpadu, tkit king lubis,
Ruang Kelas TKIT
Ruang kelas merupakan unit yang diwajibkan hadir dalam kegiatan belajar mengajar dalam lingkungan TKIT. Ruang kelas yang dimaksudkan disini adalah tempat atau wadah belajar bagi para peserta didik pada tingkatan TKIT. Berdasarkan maknanya, maka ruang kelas ini berfungsi sebagai wadah untuk membelajarkan peserta didik. Sedangkan tujuannya dapat disimpulkan memberikan fasilitas yang nyaman dalam mendukung kegiatan belajar mengajar peserta didik. Pertama yang menjadi panutan adalah bagaimana sebenarnya standar sarana dalam kelas yang telah dibuatkan pemerintah dalam 8 standar PAUD, salah satunya yang tidak bisa ditinggalkan adalah memasang simbol negara di salah satu bagian dinding ruang kelas TKIT, seperti gambar di bawah ini:
Ruang kelas di tkit, ruang kelas di paud, ruang kelas di tk islam terpadu, tkit king lubis,
Ruang Kelas TKIT
Perlu diketahui tentang apa saja yang perlu untuk kelengkapan di dalam Ruang kelas TKIT, sebagai berikut:

Jenis permainan

Ruang kelas TKIT memang cukup unik adanya. Bila dalam ruang kelas-ruang kelas dalam tingkatan pendidikan lainnya itu cukup sederhana, tapi tidak untuk ruang kelas TKIT. Ruang kelas TKIT dikatakan cukup unik, itu disebabkan karena Ruang kelas TKIT memiliki ciri atau khas tersendiri. Ciri dari Ruang kelas TKIT ini adalah terletak pada permainan-permainan yang ada di dalamnya. Dunia anak TKIT merupakan dunia anak dalam kapasitas bermain. Maka oleh sebab itu, lebih baik untuk menyediakan permainan yang memadai di dalam kelas. Dengan demikian, peserta didik akan terbantu rangsangannya untuk belajar dan guru dapat memanupulasi keadaan dengan membelajarkan peserta didik melalui permainan.

Adapun permainan yang terdapat dalam ruang kelas TKIT ini antara lain sebagai berikut:
  1. Puzzle;
  2. Balok;
  3. Lego;
  4. Sarung Karakter;
  5. dll.

Warna-warni dinding bangunan

Selain permainan, di dalam Ruang kelas TKIT juga terdapat sejumlah bentuk bangunan yang berisikan warna-warna yang unik. Pemberian wewarnaan ini dimaksudkan untuk mengenalkan peserta didik terhadap warna-warna yang ada. Tanpa disadari oleh peserta didik, bahwa sebenarnya peserta didik itu dalam bermainnya adalah proses belajar untuk dirinya. Tentu, hadirnya bentuk bangunan semacam ini membantu suatu lembaga TKIT untuk membelajarkan peserta didik. Bangunan yang penuh dengan warna tentu akan memiliki khas tersendiri, dan biasanya peserta didik itu akan merasa lebih senang dan nyaman berada di dalam ruangan yang demikian itu.

Matras yang lembut

Matras, itu hendaknya memang ada dalam Ruang kelas TKIT. Pembelajaran dalam lingkungan TKIT terkadang lebih sering untuk bermain dan duduk dalam suatu lingkaran kecil, dan biasanya berada di lantai. Terkadang, peserta didik membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menghabiskan waktu dengan bermain. Lihatlah pada gambar di bawah ini, bagaimana matras itu benar memberikan tempat yang nyaman bagi peserta didik.
Ruang kelas di tkit, ruang kelas di paud, ruang kelas di tk islam terpadu, tkit king lubis,
Martas yang lembut
Matras adalah alat untuk mendukung hal tersebut. Selain itu, menghadirkan matras dalam Ruang kelas TKIT merupakan hal yang bernilai positif. Nilai positif yang lahir yaitu gambar dari matras itu sendiri. Matras yang ada, pada nantinya diharapkan agar kiranya para peserta didik itu tanpa sengaja melakukan analisis sederhana sesuai dengan kemampuannya, mengenai gambar yang ada pada matras, bentuk yang ada pada matras, menghitung jumlah matras sesuai dengan urutan angka yang diketahui peserta didik, bahkan peserta didik dapat memainkan matras dalam bentuk permainan Puzzle. Sudah barang tentu ini menjadi suatu alat yang sangat membelajarkan peserta didik TKIT. Tanpa ia sadari bahwa sebenarnya peserta didik itu sedang belajar dengan alam sekitarnya. Tentu, diharapkan akan lahirnya rasa peka terhadap lingkungannya.

Locker (lemari penyimpanan)

Locker (lemari penyimpanan) juga merupakan hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Kehadirannya dirasa cukup diperlukan dalam Ruang kelas TKIT. Dengan diharikannya Locker (lemari penyimpanan) ini, peserta didik akan dilatih tentang kedisiplinan kebersihan lingkungan sekitarnya. Biasanya, Locker (lemari penyimpanan) ini diisi dengan buku-buku pelajaran masing-masing peserta didik, kemudian diisi dengan alat tulis peserta didik, kemudian diisi juga dengan mukena (telekung) peserta didik wanita, kemudian juga dapat diisi dengan pakaian ganti peserta didik bilamana peserta didik itu perlu untuk mengganti pakaiannya, misalnya terkena air minum yang menyebabkan baju atau pakaian peserta didik itu basah, kotor, dan lain sebagainya. Dengan diisi benda-benda pribadi dari peserta didik itu sendiri, tentu akan terdidik dirinya untuk merapikan benda-benda miliknya sendiri. Diharapkan sikap semacam ini dapat menjadi suatu kebiasaan bagi peserta didik.
Ruang kelas di tkit, ruang kelas di paud, ruang kelas di tk islam terpadu, tkit king lubis,
Locker (lemari penyimpanan)

Pendingin Udara (AC)

Menghadirkan rasa nyaman bagi peserta didik tingkat TKIT memanglah hal yang perlu untuk dilakukan. Salah satu alat pendingin udara yang dapat dijadikan pertimbangan adalah Pendingin Udara (AC). Dengan pendingin udara semacam ini, peserta didik tentu akan merasakan nyaman dalam kegiatan belajarnya di dalam kelas. Bila peserta didik itu bersemangat dalam melaksanakan belajarnya, maka akan membantu guru untuk memberikan materi pelajarannya dengan baik. 
Ruang kelas di tkit, ruang kelas di paud, ruang kelas di tk islam terpadu, tkit king lubis,
Pendingin Udara (AC)
Dari beberapa kajian di atas, dapat disimpulkan bahwa menghadirkan segala sesuatu dalam Ruang Kelas TKIT memanglah perkara yang patut menjadi perhatian khusus. Alat-alat dalam ruang kelas TKIT ini menjadi bagian dari peranan penting dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam lingkungan TKIT. Sebab, anak pada usia dini ini rentan dengan sesuatu yang baru. Perlu menghadirkan sesuatu yang baik bagi perkembangan diri mereka. Oleh sebab itu, memilih alat yang membelajarkan peserta didik itu sendiri adalah hal yang sangat dianjurkan bagi para penyelenggara pendidikan untuk tingkatan TKIT.

2 Comments

  1. keponakan ku juga
    mau masuk paud soalnya
    dia anak nya terbilang aktif gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak yang aktif memang baik. Namun, penting untuk mengarahkan ke-Aktifan yang dimilikinya. Daftarkan saya gan, semoga menjadi anak yang baik dan sukses di masa depan. Amin.

      Delete

Post a Comment

Previous Post Next Post