Seberapa Penting Pendidikan TK?

Pendidikan Taman Kanak-kanak atau yang biasa disebut dengan TK, merupakan pendidikan formal yang belakangan ini menjadi bahan pembicaraan serius. Beberapa aturan pemerintah terlihat bahwa mengedepankan pendidikan untuk TK ini. Berbagai aturan mulai diberlakukan. Pendidikan jenjang TK sudah menjadi suatu pendidikan jalur formal yang terdata dalam data pokok pendidikan nasional. Setiap lembaga TK sudah mulai menggunakan program Dapodik untuk pengiriman data sekolah pada suatu pendataan nasional.

Melihat paparan di atas, bahwa pendidikan TK merupakan pendidikan yang dirasa cukup penting kehadirannya dalam lingkungan masyarakat. Pendidikan TK yang akan membelajarkan anak dengan usia 4-6 tahun itu benar-benar pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik untuk memasuki jenjang berikutnya (SD). Bagaimana tidak? Tentu pendidikan semacam ini benar-benar diperlukan dan penting untuk diikuti.

Dalam pendidikan TK, belakangan ini mulai berkembang. Para lembaga-lembaga, yayasan maupun organisasi mulai berbenah diri dalam merenovasi bentuk pendidikan di Indonesia. Masa kini, pada era globalisasi ini sudah mulai bermunculan yang namanya Islam Terpadu. TK juga sudah mulai berkembang ke arah itu. Sudah mulai bermunculan nama-nama semacam TK Islam Terpadu (TKIT) dan begitu juga untuk jenjang berikutnya. Dengan begini, tentu diharapkan pendidikan TK itu sendiri akan lebih membaik.

Pendidikan TK ini pada kegiatan belajarnya mengedepankan motto bermain sambil belajar. Itulah yang menjadi sebab mengapa pendidikan semacam ini begitu penting. Dalam lingkungan sekolah TK, anak-anak akan dilatih untuk berkomunikasi, beradaptasi, menghargai, mengerti, dan lain sebagainya. Paling tidak, secara umum bahwa pendidikan ini pada dasarnya mengajarkan tentang kepribadian yang dicita-citakan bangsa, sembari menanamkan nilai keilmuan di dalamnya.

Berdasarkan beberapa uraian di atas, dapatlah disimpulkan bahwa keberadaan pendidikan jenjang TK ini merupakan suatu yang patut untuk dipertahankan dan bahkan dikembangkan ke arah yang lebih baik lagi. Pentingnya pemahaman masyarakat terhadap lembaga TK dirasa perlu. Dengan lembaga TK, anak-anak akan lebih dilatih untuk berkomunikasi, beradaptasi, menghargai, mengerti, dan lain sebagainya. Dengan demikian, dapatlah dikatakan bahwa pendidikan jenjang TK ini merupakan sesuatu yang penting bagi anak dalam masyarakat.

Post a Comment

Previous Post Next Post