Administrasi Guru PIAUD

Administrasi guru PIAUD itu maksudnya adalah berkas-berkas yang perlu diadakan atau diselesaikan oleh guru, ataupun tugas-tugas yang dibebankan kepada para guru. Dalam kajian ini, cukup banyak berkas-berkas administrasi guru PIAUD yang wajib dikenal dan diketahi oleh para guru. Mulai dari perangkat pembelajaran, hingga berkas administrasi lainnya yang sangat diperlukan. Pokok dalam bahasan ini yaitu perangkat pembelajaran guru.

Seperti yang kita ketahui bahwa guru itu mengemban tugas sebagai pengajar atau pendidik dalam suatu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan ini berlangsung seperti melakukan transfer ilmu dari guru (orang yang memiliki pengetahuan) kepada murid (orang yang butuh ilmu dan pengetahuan). Proses ini tidak sebentar, melainkan memakan waktu yang cukup lama. Bahkan, ada semboyan yang mengatakan bahwa pendidikan itu seumur hidup.
Administrasi Guru PIAUD
Administrasi Guru PIAUD
Terlepas dari hal di atas, bahwa sebelum guru mengajar di kelasnya masing-masing, perlu adanya perencanaan yang matang tentunya. Perencanaan itu tertuang dalam tulisan yang disiapkan guru. Tentu disipkan sebelum guru masuk ke dalam kelas untuk melakukan pengajaran. Tujuannya adalah agar proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas itu benar-benar dilakukan secara teratur dan terorganisir. Manfaatnya adalah salah satunya yakni supaya guru dapat melakukan evaluasi secara berkala untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilan atau ketercapaian pembelajaran pada hari ini, dan melihat kekurangan sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan belajar mengajar di hari-hari yang akan datang.

Berikut ini merupakan bagian dari administrasi guru PIAUD, yaitu perangkat pembelajaran antara lain sebagai berikut:
  1. RPPH (Rencana Praktik Pembelajaran Harian)
    RPPH lebih dikenal pada masa globalisasi ini. Istilahnya berubah yang pada sebelumnya itu disebut sebagai RPH (Rencana Pembelajaran Harian). Adapun perubahan istilah ini tidak mengubah arti sesungguhnya, melainkan perubahan ini didasari pada kebutuhan pendidikan di era sekarang ini, sehingga muncullah istilah baru yang pada dasarnya hal ini tidak jauh berbeda dengan makna dari istilah yang lama, yaitu sama-sama perangkat pembelajaran guru yang harus dan wajib untuk dibuat dan ditulis oleh guru itu sendiri.

    RPPH seperti makna yang telah disebutkan di atas, seyogyanya dibuat dan dituliskan guru pada setiap harinya, sebelum guru itu sendiri masuk ke dalam kelas untuk mengajar. Dengan disipkannya RPPH ini, menjadi panduan guru dalam melaksanakan tugasnya dan terhindar dari kekeliruan saat mengajar. Terkadang bilamana tanpa suatu perencanaan yang matang, kita akan sulit untuk mengontrol kegiatan yang kita lakukan. Bagaimana mungkin proses yang dilalui itu dapat mencapai tujuan bila tidak terencana dengan baik. Atas dasar itulah pembuatan RPPH ini dianggap menjadi sesuatu yang penting bagi kelayakan guru melaksanakan tugasnya.
    DOWNLOAD RPPH SEMESTER 1 DISINI
  2. RPPM (Rencana Praktik Pembelajaran Mingguan)
    RPPM sebagaimana maksud dari istilah itu adalah rencana yang dibuatkan guru dalam jangka waktu mingguan. Artinya, guru harus bisa membuatkan semacam alur perjalanan proses pembelajarannya selama seminggu ke depan. Ini merupakan pematangan yang lebih dari RPPH. Bila RPPH hanya dibuatkan khusus untuk satu hari tertentu, maka RPPM adalah kumpulan RPPH itu sendiri yang dirangkulkan dalam waktu seminggu. Maka, itulah yang dinamakan RPPM.

    RPPM ini sendiri bentuknya berbeda dengan RPPH. Bila RPPH di atas dalam segi penulisannya terlihat lebih rinci, maka RPPM ini tidak sedemikian rupanya. RPPM adalah kumpulan RPPH secara lebih kompleks dalam batasan waktu seminggu. Guru harus membuatkan minggu-minggu dalam satu semester.
  3. Prosem
    Protah adalah singkatan dari Program Semester. Program Semester yang dimaksudkan disini adalah bahwa kegiatan-kegiatan atau materi-materi yang akan diajarkan dalam satu semester. Didalamnya akan terlihat kegiatan apa saja yang dilakukan dalam satu semester dengan mengedepankan topik-topik bahasan yang akan dilaksanakan dalam waktu satu semester ke depan. Tentu, ini akan terlihat lebih meluas, tidak se-rinci dari RPPH dan RPPM.

    Lihat:
    Prosem TK A Semester I
    Prosem TK A Semester II
    Prosem TK B Semester I
    Prosem TK B Semester II
  4. Protah
    Protah itu singkatan dari Program Tahunan. Dari bahasa yang ada, mungkin sudah dapat dimengerti bahwa protah ini dubatkan untuk dalam kurun waktu satu tahun. Namanya saja sudah tahunan, artinya guru harus membuatkan dari semester ke semester, dari semester satu hingga semester dua. Secara umum, ini akan terlihat seperti Prosem yang disatukan antara program semester satu dan program semester dua. Ini juga terlihat sangat meluas dan kompleks.

    Lihat Protah PIAUD:
    Protah PIAUD
Dari beberapa istilah di atas, dapatlah ditarik kesimpulan bahwa guru itu tugasnya bukan hanya mengajar, lalu melupakan apa yang diajarkannya hari ini, dan menyiapkan pembelajarannya esok hari. Melainkan, dengan dibuatkannya administrasi perangkat pembelajaran guru seperti yang dimaksudkan di atas, guru akan senantiasa dapat melihat dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukannya dari hari ke hari, minggu ke minggu, semester ke semester hingga tahun ke tahun. Tentu, kelengkapan administrasi ini menjadi nilai baik tersendiri bagi seorang guru dan administrasi guru PIAUD ini tidak bisa diangap remeh begitu saja.

Post a Comment

Previous Post Next Post