Siapa itu Guru TK? Berikut Penjelasannya

Gambar tentang Siapa itu guru TK? Berikut penjelasannya
Siapa itu guru TK? Berikut penjelasannya

Guru TK itu merupakan orang atau person yang mendidik dalam lingkungan TK. Pendidik di TK ini merupakan orang-orang yang hebat. Mengapa demikian? Pada pendidikan jenjang TK itu, dihiasi dengan penuh hal-hal unik, antaralain yaitu guru itu harus menyesuaikan dirinya dengan anak didiknya yang mana anak didiknya itu sendiri notabene nya sendiri adalah anak usia 4-6 tahun. Sungguh pendidik yang hadir dalam lingkup pendidikan TK ini merupakan pendidik yang sangat luar biasa. Bagaimana mungkin kita dapat menyesuaikan diri kita dengan anak seusia itu? Tentu, cara yang paling ampuh yaitu dengan cara kita mengganggap anak didik kita itu sebagai anak kita sendiri. Nah, dengan cara ini, akan melahirkan pendekatan yang bagus dan anak didik itu merasa nyaman dengan diri kita sebagai gurunya.

Ada penjelasan yang menarik tentang guru yang dimuat dalam situs King Lubis, yang memberikan penjelasan bahwa Guru itu tugasnya mendidik. Mengingat akan hal ini, bila dikaitkan dengan guru di lembaga TK, maka bagaimana cara mendidik anak TK? Tentu bukan sesuatu yang mudah bukan?. Guru TK harus mampu menyeimbangkan keadaan. Anak usia TK itu sangat senang dengan dunia bermain, nah guru TK harus juga menyenangi akan hal ini. Baru akan lahir rasa "KLOP" dalam kegiatan belajarnya. Kegiatan ini, tidak akan dirasakan oleh pendidik pada jenjang yang lainnya. Hanya ada dalam lingkungan TK.

Apa yang diajarkan guru terhadap anak TK?

Berbeda dengan guru pada tingkatan pendidikan lainnya seperti SD, SMP dan SMA, guru TK memiliki pengajaran tersendiri. Guru TK itu adalah awal dari pendidikan sekolah. Sebelum masuk ke jenjang pendidikan SD, anak itu masuk di pendidikan TK sebagai tempat untuk mempersiapkan diri peserta didiknya dalam mengikuti pendidikan pada jenjang tingkat yang lebih tinggi, yaitu SD. Penjelasan ini juga termasuk pada tujuan diadakannya pendidikan TK, yaitu sebagai persiapan atau mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.

Pengajaran pada pendidikan tingkat TK ini hampir sama pada umumnya untuk pendidikan pada jenjang yang lainnya. Disini, para peserta didik itu juga diajarkan tentang membaca, menulis, menjumlahkan dan mengurangkan. Namun, dalam sekala yang lebih kecil. Paling tidak, kegiatan ini akan memberikan alur berpikir bagi peserta didiknya tentang bagaimanasih alur pikir untuk menjumlahkan? atau bagaimanasih alur pikir untuk pengurangan?, begitu juga untuk yang lainnya. Untuk membaca, dalam pendidik tingkat TK ini juga sudah mulai diajarkan untuk membaca. Biasanya, pada pendidikan tingkat TK, guru itu mengajarkan pendidik untuk membaca dengan harapan yang paling kecil adalah siswa itu tahu tentang menyambungkan huruf. A disambung dengan B jadi AB, begitu pula seterusnya. Jadi, akan lahir dalam diri peserta didik itu alur pikir bagaimana cara untuk membaca dan menyatukan huruf. Itu merupakan kegiatan yang biasa dilakukan pada pendidikan jenjang TK.

Tidak hanya terbatas sampai disitu, pendidikan untuk tingkat TK ini juga mengajarkan tentang sosialisasi dengan teman sekelasnya. Nah, ini yang menjadi hal terbesar yang sangat diperhatikan para pendidik jenjang TK di lingkungan sekolahnya. Sosialisasi, adalah alasan utama para orangtua siswa untuk menyekolahkan anaknya pada jenjang pendidikan TK. Sosialisasi merupakan tujuan awal orang tua siswa dengan harapan anak memiliki rasa sabar, rasa berteman, rasa perhatian terhadap teman, dan perasaan lainnya. Nah, itu juga yang menjadi tujuan dari para pendidik yang mendidik di kelompok pendidikan TK. Sebagian indikator TK itu adalah tentang sosialisasi. Misalnya, memberikan bantuan terhadap teman sekelasnya, atau hal lainnya yang menyangkut sosialisasi.

Berbicara persoalan kepribadian, juga diperhatikan atau menjadi pembelajaran dalam lingkup TK. Pribadi disini maksudnya adalah kemandirian peserta didik itu sendiri. Salah satu indikatornya misalnya begini, "siswa mampu memakai sepatu sendiri". Nah, itu juga tidak terbatas, masih banyak indikator lain yang bersifat pribadi atau kemandirian peserta didik. Disinilah letak keunikan dalam lembaga tingkat TK. Ini juga menjadi keunikan tersendiri bagi guru TK.

Sungguh luarbiasalah pendidik yang melaksanakan tugasnya dalam lembaga TK. Semoga diberikan kesehatan selalu dan tetap dalam lindungan Allah SWT. Amin.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post