Alat Bermain di PIAUD, Kursi Putar

Penulis menyebutnya kursi putar. Memang suatu padanan kata yang aneh mungkin terdengar di daerah-daerah tertentu. Namun, sebutan itu bisa di mengerti oleh orang sekitar lingkungan penulis. Diberi nama kursi putar sebab bentuknya berbentuk kursi dan cara bermainnya dengan diputar. Artinya, kursi yang ada itu diputar. Sehingga, diberilah nama kursi putar.

Lembaga PIAUD dapat membuat alat bermain ini dalam lingkungan lembaga PIAUD nya. Permainan ini bukanlah jenis permainan yang jarang digunakan. Biasanya pada lembaga-lembaga PIAUD sering ditemukan jenis permainan semacam ini. Alat atau bahan dasar dalam pembuatan alat bermain jenis ini adalah besi. Keseluruhan bentuk dari kursi putar ini adalah besi. Memang, setiap lembaga bebas mengeksplor untuk hal ini. Tapi bila dibuatkan dari besi setidaknya memberi harapan untuk ketahanan alat bermain kursi putar ini. Untuk bentuknya, dapat dilihat pada gambar berikut ini:
Alat Bermain di PIAUD, Kursi Putar
Alat Bermain di PIAUD, Kursi Putar
Gambar tersebut memperlihatkan bangunan dengan bentuk kursi yang diberikan rel sebagai jalan pemutarnya. Kursi itu berputar dengan rel yang telah disebiakan sebelumnya. Semua berbahan dasar besi. Gambar tersebut memperlihatkan bahwa terdapat sejumlah 4 buah bangun kursi yang disediakan. Kelebihan dan kekurangan tentulah ada, namun sifatnya relatif. Oleh sebab itu, penulis akan sedikit memberikan gambaran tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saja. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
  1. Pada dasarnya, mengenai bahan dasar yang digunakan dalam permainan jenis kursi putar ini adalah relatif dan bebas, bergantung pada kesiapan lembaga yang mengadakannya.
  2. Perlu untuk memperhatikan jumlah bangun kursi yang disediakan. Gambar di atas, kursi yang dibuatkan sejumlah 4 buah. Ini dimaksudkan agar keseimbangan tetap terjaga saat peserta didik memainkan permainan jenis kursi putar ini. Oleh sebab itu, jumlah bangun kursi perlu untuk dipertimbangkan. Jangan sampai berlebihan dan mengkhawatirkan peserta didik saat bermain permainan jenis kursi putar ini.
  3. Pijakan kaki yang dibuatkan perlu untuk diperhatikan dan dipertimbangkan. Pada gambar di atas, pihakan kaki dibuatkan dari 4 segi arah, yaitu utara, timur, selatan dan barat. Dengan demikian, keseimbangan terhadap daya angkutnya akan lebih terjaga. Maka, hal ini menjadi perhatian tersendiri.
  4. Berhati-hati dalam memainkan permainan ini. Bilamana bahan dasarnya adalah besi, tentu perhatian haruslah lebih besar. Sebab, yang namanya bahan keras, akan membahayakan peserta didik bilamana terjadi kecelakaan kecil saat memainkan permainan jenis kursi putar ini. Perlu pijakan yang baik bagi guru saat mendampingi peserta didik saat memainkan permainan jenis kursi putar ini.
Sebagai bahan tambahan, juga terdapat jenis yang sama dengan tampilan bentuk yang berbeda. Lembaga PIAUD juga dapat membuat semacam ini dalam satu lembaga PIAUD. Secara umum, mengenai bahan dasar dan cara memainkan permainan ini tidak jauh berbeda, yaitu dengan cara duduk, lalu teman yang lainnya memutarkan kursi. Dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Alat Bermain di PIAUD, Kursi Putar
Alat Bermain di PIAUD, Kursi Putar
Dengan memperhatikan 4 hal di atas, maka kesiapan dalam permainan jenis kursi putar ini akan lebih baik. Adapun hal di atas merupakan hal yang umum. Pada kondisi dan daerah tertentu, bisa saja berubah. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa peranan guru tentu lebih aktif dalam mendampingi peserta didik selama permainan jenis kursi putar ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post