8 Standar PIAUD

Berbicara persoalan standarisari PIAUD, memang bukanlah hal yang jarang dibicarakan. Melainkan hal ini selalu menghantui pada administrator dalam suatu lembaga PIAUD. Banyak sekali administrasi yang memicu pada 8 Standar PIAUD yang dimakusudkan. Berbicara tentang persoalan apa saja 8 standar PIAUD, tentu harus memahami terlebih dahulu tentang indikator dari 8 standar PIAUD itu sendiri. Sebagai referensi, dapat melihat pada ketetapan pemerintah pada Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Adapun 8 Standar PIAUD yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
    Disimak dari makna kalimat yang ada, sudah tentu mengarah pada penilaian peserta didik di PIAUD. Cukup banyak yang harus disiapkan oleh guru dalam melaksanakan ini. Tentu form yang harus ada juga tidak sedikit.
  2. Standar Isi
    Standar isi yang dimaksudkan disini adalah terkait tentang administrasi selama kegiatan pembelajaran, baik itu penilaian, peserta didik, pendidik, dan lain sebagainya dalam pengelolaan penyelenggaraan suatu satuan PIAUD.
  3. Standar Proses
    Standar proses ini lebih dihadapkan kepada guru. Tentunya yang dibicarakan disini adalah perangkat mengajar guru, mengenai bagaimana perencanaan pembelajaran yang disiapkan guru, pelaksanaan, hingga pada tahapan evaluasi yang akan dilaksanakan guru dalam kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukannya.
  4. Standar Penilaian
    Ini tidak jauh berbeda dengan evaluasi yang dimaksudkan pada poin tiga di atas, yaitu tentang pencapaian atau prestasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar di kelas.
  5. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
    Pendidik dan tenaga kependidikan juga memiliki standar tertentu yang telah ditentukan oleh pemerintah. Maka oleh sebab itu, guru perlu memperhatikan hal yang diperhatikan. Mengaculah pada apa yang telah menjadi ketetapan pemerintah.
  6. Standar Sarana dan Prasarana
    Berkaitan tentang bagaimana standar paling minimal yang harus ada pada satuan lembaga PIAUD.
  7. Standar Pengelolaan
    Berkaitan tentang bagaimana pengelolaan di satuan PIAUD.
  8. Standar Pembiayaan
    Membahas tentang bagaimana pembiayaan yang dilakukan dalam satuan lembaga PIAUD.

Post a Comment

Previous Post Next Post