Prasarana Lembaga PIAUD - Ruang Pimpinan

Ruang Pimpinan merupakan hal yang seharusnya ada dalam suatu lembaga PIAUD. Ruang Pimpinan merupakan nilai tersendiri bilamana suatu lembaga PIAUD mengadakannya atau membuatnya. Sebab Ruang Pimpinan merupakan tempat bertemunya lembaga dengan lembaga lainnya. Dikatakan demikian, karena suatu pimpinan akan menggambarkan lembaganya di lingkungan luar, termasuk dengan lembaga-lembaga lainnya. Bagaimana prangai pimpinan lembaga akan menjadi nilai bagi lembaga yang diembannya. Bilamana pribadi pimpinan itu mempuni, maka baik pulalah nama suatu lembaga yang dipimpinnya.

Ruang Pimpinan merupakan tempat bertemunya tamu-tamu dari luar sekolah dan bertemu dengan pimpinan. Ruang Pimpinan yang bersih, akan memberikan nilai tersendiri bagi lembaga itu sendiri. Contoh kecil misalnya, orangtua calon peserta didik yang akan mendaftarkan anaknya ke sekolah/lembaga PIAUD tertentu. Hal yang pertama orangtua calon peserta didik inginkan biasanya bertemu dengan penyelenggara atau pimpinan sebagai orang yang dipercaya untuk menanyakan mengenai program-program terkait lembaga yang dipimpinnya. Dengan begitu, tidak ada alasan lainnya selain menemui pimpinan di Ruang Pimpinan. Bila Ruang Pimpinan tertata rapi dan bersih, maka sejak itu pulalah orangtua calon peserta didik itu memandang dan membuat penilaian tersendiri tentang lembaga itu.
Prasarana Lembaga PIAUD - Ruang Pimpinan
Prasarana Lembaga PIAUD - Ruang Pimpinan
Biasanya, ketika orangtua calon peserta didik sudah merasa nyaman, maka orangtua calon peserta didik itu akan penikmati berada di Ruang Pimpinan. Dengan demikian, akan lebih memudahkan pimpinan untuk menjelaskan terkait hal program yang ada di lembaganya. Yang lebih menguntungkan lainnya, bila orangtua calon peserta didik itu biasanya akan menceritakan pengalamannya berada di lokasi Ruang Pimpinan di suatu lembaga tertentu kepada orang-orang disekelilingnya. Tanpa melakukan apapun,  orangtua calon peserta didik tersebut telah membantu lembaga dalam mempromosikan lembaganya.

Suatu lembaga PIAUD bisa memperkaya Ruang Pimpinan dengan memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC);
  2. Dilengkapi dengan lemari berkas yang mempuni;
  3. Dilengkapi dengan monitor/komputer kerja;
  4. Dilengkapi dengan Simbol Negara (Lambang Garuda, Foto Presiden dan wakilnya);
  5. Dilengkapi dengan kursi tamu yang ramah;
  6. Dilengkapi dengan Foto atau Dokumentasi kegiatan siswa;
  7. Dilengkapi dengan Foto atau Dokumentasi Izin Pendirian Lembaga; dan
  8. Dilengkapi dengan Foto atau Dokumentasi tentang prestasi lembaga.
Paling tidak, dengan memperhatikan hal di atas, atau menerapkan beberapa atau bahkan seluruhnya dari poin-poin di atas, diharapkan mampu mengikat pada orangtua calon peserta didik, atau bahkan dapat memiliki predikat keterpercayaan tersendiri bagi khalayak umum. Dengan begitu, kehadiran sekolah dirasakan memiliki nilai baik di mata masyarakat umum.

Post a Comment

Previous Post Next Post