Administrasi Lembaga-Kalender Akademik di PIAUD

Kalender Akademik di PIAUD memanglah seharusnya dibuatkan untuk menunjang ketercapaian program-program yang ada di PIAUD. Kalender Akademik di PIAUD ini berisikan tentang hari-hari yang sudah dijadwalkan untuk segala rancangan kegiatan di PIAUD. Kegiatan yang diisi tentu bervariatif, bergantung pada kebutuhan masing-masing lembaga. Namun, dalam pembuatannya tetap memandang peraturan pemerintah dari daerah lembaga PIAUD itu berada. Walau dibebaskan mengenai rancangan kegiatan, namun tetap dalam naungan Dinas Pendidikan setempat dan mengikuti apa yang dicita-citakan pemerintah setempat. Simpulannya adalah bahwa program di sekolah itu adalah sebagai wujud penambahan program untuk memperkaya peserta didik, sedangkan program yang telah dibuatkan oleh dinas pendidikan setempat merupakan program utuh yang dicita-citakan negara. Oleh sebab itu, acuan ini tetap dipandang perlu dan tidak dapat diabaikan.
Kalender Akademik di PIAUD
Kalender Akademik di PIAUD
Kalender Akademik di PIAUD memang jarang sekali diperhatikan oleh segelintir orang, sebab dahulunya program ini merupakan program pendidikan nonformal. Namun, seiring berkembangnya zaman, hingga saat ini program TK misalnya, sudah masuk ke dalam bagian pendidikan formal. Juga diikutsertakan dalam database yang diinput melalui dapodik PAUD. Lembaga, sepantasnya membuatkan semacam Kalender Akademik di PIAUD ini sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan atau program yang ada. Dengan adanya Kalender Akademik di PIAUD, program akan terencana secara nyata dan diharapkan dapat dievaluasi pada hari mendatang.

Ada bahasa "kalender tahunan berjalan", maksudnya adalah kalender yang dibuat dalam jangka waktu satu tahun ajaran. Jadi, dalam pembuatannya mengikutsertakan seluruh kegiatan yang dilakukan dalam satu tahun ajaran. Adapula bahasa seperti "kalender akademik semester", yang isinya hanya per-semester. Jadi, dalam publikasinya, hanya mempublikasikan satu semester saja, lalu untuk semester berikutnya dipublikasikan dalam waktu yang disesuaikan.

Kalender Akademik di PIAUD ini cukup jarang untuk dipublikasikan kepada orangtua siswa. Bilamana lembaga PIAUD membuat dan mempublikasikannya, tentu akan menjadi catatan dan nilai tersendiri bagi orangtua peserta didik. Bisa jadi, mereka akan lebih merasa senang, sebab dengan hadirnya Kalender Akademik di PIAUD ini, kegiatan pembelajaran terkesan terorganisir dan terkontrol. Untuk itu, bagi lembaga PIAUD, tidak dapat menganggap remeh mengenai Kalender Akademik di PIAUD ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post