Lembaga PIAUD - Izin Pendirian PIAUD

Berbicara persoalan tentang izin pendirian, tentu bukanlah sesuatu yang baru kita dengar. Setiap badan usaha atau apapun itu jenisnya, selayaknyalah mengurus perizinan atas terselenggaranya suatu lembaga yang dibuat, dalam kajian kali ini adalah lembaga PIAUD. Membuat legal suatu lembaga itu sangatlah penting. Perhatian akan hal ini sangatlah penting. Sebab, bisa saja pemerintah menutup lembaga PIAUD yang kita bentuk bila tidak ada izin pendiriannya

Lembaga PIAUD - Izin Pendirian PIAUD
Lembaga PIAUD - Izin Pendirian PIAUD
Perizinan suatu lembaga sangatlah penting adanya. Perizinan ini akan menjadi dasar bagi pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugas lainnya terhadap sekolah yang dibuat. Sekolah akan mendapatkan banyak kesempatan dan jalur untuk mengikuti berbagai program yang dibuat pemerintah, misalnya saja bantuan untuk siswa seperti BOS atau BOP untuk TK/PAUD/PIAUD. Tentu, mengenai syarat dokumen yang harus dilengkapi salah satunya yaitu izin pendirian yang dibuktikan dengan dokumen fisik. Begitu juga dengan bentuk bantuan jenis lainnya, misalnya saja bantuan sertifikasi dan lainnya, juga memerlukan dokumen lembaga.

Bagaimana cara mendapatkan izin pendirian lembaga?

Izin pendirian lembaga atau yang biasa disebut dengan Surat Izin Operasional adalah mutlak wajib bagi setiap lembaga. Cara mendapatkan izin pendirian ini bukanlah sesuatu perkata yang sulit. Adapun tips yang dapat dibagikan seperti berikut ini:
  1. Datanglah ke Dinas Pendidikan setempat untuk memberitahukan kondisi lembaga terkini dan yang dianggap perlu.
  2. Ceritakan dengan jelas tentang kondisi lembaga.
  3. Tanyalah bagaimana cara membuat izin operasional.
  4. Lengkapilah dokumen yang diperlukan.
  5. Antar kembali berkas dokumen yang telah disiapkan ke Dinas Pendidikan setempat, kemudian lakukan apa yang diperintahkan.
Setiap lembaga yang berberak dalam lingkungan Pendidikan tentu dinaungi oleh Dinas Pendidikan setempat, atau Kementerian Agama bilamana mengikuti program pendidikan Kementerian Agama. Oleh sebab itu, diperlukan adanya perhatian khusus kepada Dinas Pendidikan setempat sebagai acuan dari lembaga-lembaga yang bergerak dalam lingkup pendidikan. Perlu diperhatikan bahwa janganlah sesekali melanggar aturan yang ada, karena itu dapat merugikan lembaga. Senantiasa mengikuti peraturan yang ada menunjukkan kecintaan kita terhadap pendidikan. 

Post a Comment

Previous Post Next Post