Lembaga PIAUD dan Hal yang perlu diperhatikan

Apa itu lembaga?

Kata lembaga kerap sekali terdengar ditelinga kita, terlebih lagi pada kita yang aktiv dalam kegiatan suatu organisasi atau yang lainnya. Dalam kajian pendidikan juga kita kerap sekali mendengar kata ini. Sebagian besar atau secara umum, tentu diantara kita para aktifis pendidikan mengerti akan hal ini. Namun, disisi lain dari segi istilah, mungkin belum begitu diperhatikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia memberikan pengertian bahwa lembaga adalah badan (organisasi) yang tujuannya melakukan suatu penyelidikan keilmuan atau melakukan suatu usaha.  Dari penulisannya saja sudah kita mengerti bahwa lembaga itu merupakan suatu organisasi atau badan usaha.

Lembaga PIAUD

Lembaga PIAUD itu dapat diartikan sebagai suatu lembaga yang menjalankan program Pendidikan Islam Anak Usia Dini atau yang biasa disebut PIAUD. Dengan demikian, maka tujuan lembaga PIAUD ini pun tentunya mengacu pada apa yang telah ditetapkan pemerintah. Dalam konteks pendidikan, lembaga PIAUD ini belakangan cukup berkembang. Banyak sekali hadir lembaga-lembaga PIAUD diberbagai daerah. Lembaga PIAUD umumnya sama dengan lembaga lain seperti TK (Taman Kanak-kanak), PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), dan program pendidikan sejenis lainnya. Suatu sekolah dapat dikatakan lembaga bilamana sudah terbentuk secara resmi dan mengikuti peraturan yang berlaku.
Lembaga PIAUD dan Hal yang perlu diperhatikan
Lembaga PIAUD dan Hal yang perlu diperhatikan

Apa yang harus ada dalam suatu lembaga PIAUD?

Banyak hal yang harus ada dan dilengkapi dalam suatu lembaga PIAUD. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut:
  • Visi Lembaga
  • Misi Lembaga
  • Tujuan Lembaga
  • Rekening Lembaga
  • NPWP Lembaga/Yayasan
  • Sarana
    • Peralatan Habis Pakai
    • Peralatan Tidak Habis Pakai

        Diantara bagian di atas, banyak lagi hal yang perlu diperhatikan dalam membangun suatu lembaga PIAUD.

        Post a Comment

        Previous Post Next Post